Pembelajaran Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran dengan Pendekatan Saintifik SMA

Selamat siang para bapak dan ibu guru
Siang ini P iyan akan mempublish Naskah Pembelajaran Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran dengan Pendekatan Saintifik untuk 19 Mata pelajaran di SMA.

Hal ini disesuaikan dengan tuntutan Kurikulum 2013 yang  menekankan pada pembelajaran dengan pendekatan ilmiah (saintifik) dan penilaian autentik.

pembelajaran adalah suatu kegiatan yang mengandung terjadinya proses penguasaan pengetahuan, keterampilan dan sikap oleh subjek yang sedang belajar. Pelaksanaan pembelajaran akan berjalan efektif apabila didahului dengan penyiapan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dikembangkan oleh guru baik secara individual maupun kelompok yang mengacu pada Silabus. Sehubungan hal tersebut, maka naskah ini disusun dalam rangka memenuhi kebutuhan guru yang terkait dengan pengembangan persiapan pembelajaran.

Semoga naskah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan,  untuk memfasilitasi guru secara individual dan kelompok dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan melaksanakan pembelajaran dalam berbagai modus, strategi, dan model untuk muatan dan/atau mata pelajaran yang diampunya. Silahkan di download dibawah ini😀

  1. Model Pembelajaran Scientifik Matematika
  2. Model Pembelajaran Scientifik Fisika
  3. Model Pembelajaran Scientifik Kimia
  4. Model Pembelajaran Scientifik Biologi
  5. Model Pembelajaran Scientifik Sejarah
  6. Model Pembelajaran Scientifik Ekonomi
  7. Model Pembelajaran Scientifik Geografi
  8. Model Pembelajaran Scientifik Sosiologi
  9. Model Pembelajaran Scientifik Bhs Indonesia
  10. Model Pembelajaran Scientifik Bhs Inggris
  11. Model Pembelajaran Scientifik Penjasorkes
  12. Model Pembelajaran Scientifik PAI
  13. Model Pembelajaran Scientifik PKN
  14. Model Pembelajaran Scientifik Antropologi
  15. Model Pembelajaran Scientifik Prakarya & Kewirausahaan
  16. Model Pembelajaran Scientifik Seni Budaya
  17. Model Pembelajaran Scientifik Bhs Mandarin
  18. Model Pembelajaran Scientifik Bhs Jepang
  19. Model Pembelajaran Scientifik Bhs Jerman

4 thoughts on “Pembelajaran Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran dengan Pendekatan Saintifik SMA

    • selamat pagi p taufik, terima kasih kunjungan nya di wordpress saya.

      dari data yang saya peroleh, untuk bahasa arab tidak ada pak. tetapi pak taufik dapat melihat dari beberapa contoh mata pelajaran lintas jurusan bahasa seperti sastra inggris, bahasa jepang dan jerman.

      semoga berguna😀

  1. Salam Hormat,
    Satu hari ini saya baca beberapa tulisan terkait Kur 2013, ….. saya menyayangkan sumber Tulisan Pak Yan tidak didukung dengan sumber rujukan resmi yang membantu para pembaca lebih yakin bisa mengadopsinya sebagai pedoman teknis maupun kajian akademis. Kenapa? Tulisan yang sama banyak di tempat lain dengan isi dan redaksi yang sama, artinya ini mengindikasikan bahwa tulisan Bapak atau Penulis yang lain (isi sama) adalah hasil caplokan (maaf). Memberi sumber resmi akan membantu pembaca yakin untuk menelusuri dan tentu atau dapat yakin (bahasa sundana: reugreug), punten sehingga kontribusi bapa lebih lebih berdayaguna, mungkin ini lumrah di dunia blogger manakala isinya adalah tulisan populer, tapi untuk konten akademik atau naskah kebijakan tentu menyebutkan sumber resmi membantu pembaca secara lebih yakin, terima kasih.

    • terima kasih tas kunjungan p sarwa. senang bisa memberikan umpan balik kepada saya

      sebelumnya saya minta maaf belum bisa memberikan sumber rujukan resmi mengenai kurikulum 2013. Beberapa materi yang saya posting saya terima dalam bentuk softcopy dalam pelatihan diseminasi kurikulum 2013 yang dilaksanakan oleh sekolah. (kebetulan sekolah saya menjadi salah satu sekolah percontohan implementasi kur 13). Materi ini saya dapatkan dari kepala sekolah maupun waka kurikulum yang telah mengikuti pelatihan baik di bogor, jakarta maupun bandung.
      Materi yang saya peroleh pun belum bisa disebut sebagai petunjuk resmi kurikulum 2013, karena materi tersebut masih berupa draft draft yang terus diperbaiki. Satu hal yang ingin saya sampaikan kepada p sarwa adalah saya memahami keinginan besar bapak dan ibu guru lain untuk memperoleh informasi terbaru mengenai materi kurikulum 2013 dengan keterbatasan informasi resmi yang dipublish dari kementrian pendidikan.
      saya paham sekali rasanya harus melaksanakan kurikulum 13 tanpa petunjuk apapun. oleh karena itu saya memposting beberapa materi yang saya dapatkan dengan harapan agar apa yang saya posting ini minimal dapat digunakan sebagai “pegangan sementara” sebelum petunjuk resmi nya dikeluarkan dan dipublish oleh kementrian yang bersangkutan.
      Semoga penjelasan nya dapat diterima, sukses selalu untuk bapak😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s