Liburan Seru Tambah Ilmu AXIS

Sumber : http://sekolah.axisworld.co.id/avc/post/liburan-seru-tambah-ilmu

Banyak banget cara buat ngabisin waktu liburan. Ya gak temen-temen? Salah satunya yang paling seru adalah ikutan workshop Cara Seru Tambah Ilmu bareng Komunitas Sekolah AXIS (KSA). Nah, Itu dia yang dirasain sama 20 teman kita yang beruntung banget buat ikutan acara ini. Kok, beruntung? Yap, soalnya, teman-teman KSA ini berhasil terpilih buat ikutan workshop. Buat bisa ikutan, prosesnya lumayan ketat lho. Bayangin aja, dari 3.500 temen-temen yang daftar, cuma 20 orang yang kepilih.

Teman-teman yang kepilih, sebelumnya harus milih 3 minat nih, diantaranya TV Broadcasting, Radio Broadcasting, dan Jurnalistik. Abis milih, mereka harus ngasih alasan yang paling kreatif dan pastinya yang berhubungan dengan minatnya.

Selain 20 siswa tadi, ada juga lho sembilan guru yang kepilih buat ikutan workshop ini. Seluruh peserta berasal dari kota-kota yg ada di Indonesia, kayak Bandung, Cirebon, Kediri, Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta.

Kayak apa, sih workshop nya? Sudah pasti, seru abis! Bayangin aja, 20 siswa ini pergi ke Jakarta selama seminggu, terus dapet uang saku 500ribu, lagi. Kerenkan? Pas di Jakarta, mereka dapet workshop sesuai sama minat dan media pilihannya, yaitu jurnalistik di Majalah HAI, TV Broadcasting di Kompas TV, dan Radio Broadcasting di TRAX FM.

Asyiknya lagi, gak cuma materi teori-teori aja yang didapat teman-teman kita ini. Mereka juga langsung praktik bareng mentor-mentor dari media yang emang pengalaman banget dibidangnya. Contohnya; Di majalah HAI, teman-teman KSA belajar, terus praktik bagaimana serunya nyari berita, wawancara macem-macem narasumber, kayak band indie, Budi Doremi, terus belajar lay out bikin majalah, sama praktik fotografi di Kota Tua.

Nah, kalau di Kompas TV, teman-teman KSA bisa langsung lihat sistem kerja TV. Awalnya tour di kantor Kompas TV, ketemu kakak-kakak dari semua divisi, belajar dasar perTV-an, dll. Gak cuma itu doang, peserta juga langsung praktik buat wawancara narasumber pakai alat broadcasting, nyobain serunya jadi presenter, cameraman, malah ada yang nyobain jadi director di studio Kompas TV. Keren gak? 😛

Terus, nih yang gak kalah serunya, teman-teman KSA yang di TRAX FM juga ngerasain serunya belajar nulis script, membacakan adlibs, tour keliling studio, ikutan talk show bareng penyiar-penyiar gokil dan disiarin langsung dalem studio TRAX FM. Sebelum praktik langsung, mereka dapet ilmu dulu tentang dunia radio di Indonesia. Rata-rata, dari 20 siswa ini bawel banget nanya semua hal yang ada di dunia penyiaran. Lucu-lucu banget deh kelakuan mereka.

Dari semua teman-teman KSA yang ikutan workshop, mereka gak tahu nih, kalau bakal banyak banget hadiah yang dibagiin tiap harinya. Dari yang jadi best student, terus game-game seru juga ada hadiahnya.

Guru-guru yang ikutan workshop juga gak mau ketinggalan seru-seruan lho. Dari tanggal 10-12 Juli, bapak sama ibu guru dapet juga workshop Cara Seru Tambah Ilmu dari Putera Sampoerna Foundation (PSF). Di workshop ini, mereka dapet banyak banget pengetahuan baru soal kegiatan belajar mengajar. Yup, materi yang bikin muridnya biar gak bosan belajar, nih! Abis workshop, bapak sama ibu guru langsung saling curhat dan ngerasa jadi lebih Profesional gitu.

Setiap hari makin seru lho! Apalagi, pas Jumat (13/7), seluruh peserta workshop tour di kantor AXIS, Jakarta. Sehari di kantor AXIS, teman-teman jadi tau bagaimana AXIS memberikan pelayanan kepada semua pelanggannya. Dan siang harinya, teman-teman mendapat materi ‘internet day’ dengan pembicara, Arief Poconggg dan Herry SW.

Malam harinya, masih di hari yang sama (red. Jumat), teman-teman ngelanjutin ke acara seru, yaitu, gala-dinner sama semua Manajemen AXIS. Acaranya di fX Lifestyle X’Nter, Senayan. Di malam ini, buanyak banget kejadian seru sama lucu, semua peserta yang emang dibagi-bagi perkelompok dan guru saling pamer bakat-bakat kreatif. Setiap kelompok punya ciri khas masing-masing. Mulai dari nyanyi dengan suara fals, nari-nari, baca puisi berantai, terus ada juga yang parodiin adegan iklan AXIS! Hap hap hap, Keren deh.

Rangkaian acara malam itu padat banget. Selain unjuk kebolehan para peserta, terpilih juga para best student dari setiap minat, penyerahan beasiswa buat salah satu siswa sekolah di Yogyakarta, penghargaan buat tim marketing AXIS dan diskusi yang tentunya nambahin ilmu kita deh.

Yang nggak kalah seru lagi pas penutupan acara Cara Seru Tambah Ilmu, Sabtu (14/7). Yaitu, FunDay. Selesai dapat ilmu, semua peserta diajak ke Dufan! Maiiiin. Pas di Dufan, para peserta dapet permainan ngumpulin poin yang benar-benar bikin harinya jadi FunDay. Mainnya itu gini, jadi setiap wahana ada poin yang harus dikejar, dan ada bates waktunya juga. Siapa yang berhasil, bakal dapet hadiah pastinya. Benar-benar pengalaman seru, bermanfaat, dan nggak terlupakan, deh!

Ini dia kesan-kesan ketiga siswa yang terpilih sebagai Best Student selama mengikuti program Cara Seru Tambah Ilmu, simak yah;

Andreas (SMAN 5 Jakarta, Best Student CSTI)
“Awalnya sih gak percaya, tapi setelah ada konfirmasi dari pihak KSA dan nama saya ada di web pemenang workshop KSA, saya baru yakin dan perasaannya itu ISTIMEWA! Karena saya terpilih di bidang yang sangat saya minati yaitu TV Broadcasting, dan workshop tersebut dilakukan di Kompas TV”

Bimo Eko Laksono (SMUN 1 Cirebon, Best Student CSTI)
“Keren banget! Dari pagi sampai malam, jadwal padat, merasakan macetnya kota Jakarta, tapi itu semua tidak terasa bagi kami karena kita mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat dengan rasa senang dan tidak ada beban.”

Nur Kamaarum Adiwida Hemas (SMAN 2 Kediri, Best Student CSTI)
“Selama mengikuti workshop saya merasakan ada banyak sekali manfaat dan hal seru yang saya dapat. Saya mendapat banyak teman baru dari berbagai kota dan berbagai karakter tentunya. Disini saya juga harus belajar mandiri, disiplin, dan aktif selalu dalam workshop. Pengalaman di workshop ini jelas tidak akan saya lupakan.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s