Renovasi Pembangunan Masjid Baru Al Iman SMAN 1 Cirebon

Assalamu alaikum Wr. Wb, Salam Smansa.

Seperti yang sudah diketahui bahwa ukuran Masjid Al Iman SMANSA sangat kecil. Sejak di resmikan pada tahun 1991 praktis masjid ini tidak pernah mengalami pemugaran banyak. Ukuran tersebut menyebabkan masjid Al Iman tidak dapat menampung banyak jamaah. Siswa harus berdesak-desakan setiap pelaksanaan kegiatan di masjid. Hal yang sama juga terjadi tiap kali pelaksanaan sholat jum’at. Masjid tidak dapat menampung seluruh siswa laki laki. Sehingga pelaksanaan sholat jum’at di sekolah terpaksa dilaksanakan secara bergilir.

Hal inilah yang menyebabkan sekolah memutuskan untuk merenovasi masjid ini menjadi tiga lantai. Kegiatan bagi jamaah akan dilaksanakan di lantai dua dan tiga. Sedangkan lantai satu akan digunakan untuk area parkir kendaraan jamaah. Biaya keseluruhan renovasi mencapai 1,9 milyar rupiah. Mulai akhir januari kemarin pembangunan sudah dilaksanakan dengan meratakan bangunan lama dan membuat fondasi baru. Pembangunan akan dilakukan secara resmi bersamaan dengan peletakan batu pertama pada tanggal 18 Februari 2012. Peletakan batu pertama ini sekaligus bersamaan dengan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.

Menukil dari Kitab Faathul Bari Hadits ke 450 mengenai membangun dan memakmurkan masjid dijelaskan bahwa :

Membangun masjid, memakmurkan dan menyediakan untuk orang-orang shalat termasuk amal  yang  utama. Allah akan memberikan kepadanya pahala nan agung. Ia termasuk shadaqah jariyah yang pahalanya berlanjut hingga seseorang telah meninggal dunia.

Allah berfirman:

 إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلا اللَّهَ فَعَسَى أُولَئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ  (سورة التوبة: 18)

“Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS At-Taubah: 18)

Nabi  sallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا بَنَى اللَّهُ لَهُ مِثْلَهُ فِي الْجَنَّةِ  (رواه البخاري، رقم 450،  ومسلم، رقم 533، من حديث عثمان رضي الله عنه)

“Barangsiapa yang membangun masjid, maka Allah akan bangunkan baginya semisalnya di surga.” (HR. Bukhari, 450 dan Muslim, 533 dari Hadits Utsman radhiallahu’anhu)

Diriwayatkan Ibnu Majah, 738 dari Jabir bin Abdullah radhiallahu’anhuma sesungguhnya Rasulullah sallallahu’alahi wa sallam bersabda:

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ ، أوْ أَصْغَرَ ، بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ

“Barangsiapa membangun masjid karena Allah sebesar sarang burung atau lebih kecil. Maka Allah akan bangunkan baginya rumah di surga.” (Dishahihkan oleh Al-Albany)

Sebagai alumni dan anggota panitia renovasi pembangunan masjid Al Iman, P Iyan memberi kesempatan kepada Bapak, Ibu, Saudara/i serta Adik-adik sekalian untuk turut serta membangun masjid Al Iman tercinta.

Seluruh infaq, shodaqoh dan sumbangan dapat disalurkan langsung ke Panitia Renovasi Pembangunan Masjid A l Iman SMAN 1 Cirebon di rekening BRI Cabang Cirebon  Nomor :  0107-01-056547-5—7, Bank BCA Cirebon  Nomor  : 1341288181 dan Bank Mandiri  Nomor  :  1340000363639

P Iyan ucapkan banyak terima kasih. Semoga Allah SWT menerima infaq Bapak, Ibu, Saudara/i, dan adik-adik sekalian. Seluruh progress pembangunan akan p iyan publish secara teratur hingga selesainya Masjid Al Iman. Proposal renovasi pembangunan Masjid Al Iman dapat di download di sini

proposal renovasi pembangunan al iman

Iklan

3 thoughts on “Renovasi Pembangunan Masjid Baru Al Iman SMAN 1 Cirebon

    • BRI Cabang Cirebon Nomor :0107-01-056547-5—7 atas nama SMA Negeri 1 Cirebon

      Bank BCA Cirebon Nomor :1341288181 atas nama Zaenal Mutaqin dan Jambari (ketua dan bendahara panitia)

      Bank Mandiri Nomor : 1340000363639 atas nama Panitia Renovasi Pembangunan Masjid Al Iman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s