5 Sekolah Seluruh Siswanya Tak Lulus Ujian Nasional

sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/05/13/brk,20110513-334403,id.html

Penulis : MARTHA RUTH THERTINA
foto TEMPO Interaktif, Jakarta – Menteri Pendidikan Nasional, Muhammad Nuh mengungkapkan dari hasil pelaksanaan ujian nasional tingkat menengah atas terdapat  lima SMA/MA yang siswanya tidak lulus seluruhnya. Hanya  Nuh menolak menyebutkan identitas sekolah bersangkutan.
Nuh juga menyebut untuk tahun  ini, di tingkat SMA dan MA, Nusa Tenggara Timur menjadi propinsi dengan nilai presentase ketidaklulusan siswa paling tinggi, yaitu sebesar 5,57 persen. Sementara itu, persentase ketidaklulusan siswa di Bali paling rendah, hanya 0,04 persen. “Sedangkan, di tingkat SMK, persentase ketidaklulusan tertinggi berasal dari propinsi Sulawesi Tenggara dan yang terendah dari Sumatera Selatan,” ujar Nuh dalam konferensi pers di Kementerian Pendidikan Nasional, Jumat 13 Mei 2011Selain kasus tersebut, diungkapkan Nuh, angka kelulusan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun ini dinilai  meningkat. Sebanyak 99,22 persen siswa SMA dan MA, lulus ujian akhir. “Jumlah ini naik 0,18 persen dari tahun sebelumnya,” kata  Nuh. Sementara itu, angka kelulusan siswa SMK naik 0,31 persen menjadi 99,51 persen tahun ini.

Menurut data yang dilansir Kementerian Pendidikan Nasional, di tingkat SMA dan MA persentase ketidaklulusan tertinggi diperoleh siswa jurusan bahasa yaitu sebesar 1,96 persen diikuti oleh siswa jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial sebesar 1,45 persen, jurusan agama 1,12 persen dan Ilmu Pengetahuan Alam 0,31 persen.

Data kelulusan ini diperoleh setelah Kementerian Pendidikan Nasional menggabungkan nilai sekolah dan nilai ujian nasional. Walau ada peningkatan jumlah peserta yang lulus,

Walau data kelulusan ujian akhir sudah ada, namun keputusan kelulusan masih harus menunggu rapat dewan sekolah. Pasalnya, nilai akhir (hasil gabungan nilai ujian nasional dan ujian sekolah) hanyalah satu dari tiga syarat kelulusan. Sekolah akan mempertimbangkan nilai akhlak dan muatan lokal serta pemenuhan program pembelajaran oleh siswa. Saat ini, hasil nilai akhir siswa tengah dikirim ke sekolah. Rencananya, Senin (16/5) keputusan kelulusan akan diumumkan sekolah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s