Kemdiknas: Stop Bilang RSBI Itu Mahal!

sumber : http://m.kompas.com/news/read/2011/05/11/18110390/kemdiknas-stop-bilang-rsbi-itu-mahal

  • Penulis: M.Latief
  • Editor: Latief

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional (Kabalitbang Kemdiknas) Mansyur Ramli mengimbau masyarakat untuk berhenti menyimpulkan rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) sebagai sekolah yang mahal.

“Semua itu tergantung dari apa yang ditawarkan. Seperti seseorang membeli sesuatu, jika barangnya baik, maka harganya juga akan tinggi,” kata Mansyur, Rabu (11/5/2011) di Jakarta.

Namun pada prinsipnya, lanjut Mansyur, pembiayaan layanan pendidikan harus bisa dijangkau oleh masyarakat. Menurutnya, masyarakat dari golongan mampu bisa masuk RSBI, sementara masyarakat kurang mampu juga bisa memanfaatkan 20 persen kursi yang disediakan.

“Namun, semua harus melalui pendekatan akademis,” ujarnya.

Menurut Mansyur, pihak sekolah RSBI juga harus bijak dalam menentukan tarif. Hal itu agar tidak ada lagi penilaian masyarakat tentang RSBI yang mahal.

“Sekolah harus bijak menentukan tarif agar tak ada lagi lelucon jika RSBI itu rintisan sekolah bertarif internasional,” kata Mansyur.

Jadi, sambung Mansyur, sekolah harus melihat betul anggaran belanjanya. Jika dana yang ada dapat memenuhi, lanjut dia, maka sekolah tidak perlu memungut biaya dari orangtua murid. Selain itu, jika memang mutu yang ditetapkan lebih tinggi dari anggaran, maka sekolah harus menetapkan biaya sesuai mutu yang ditawarkan.

“Jangan menjadi hura-hura. Kita ingin biaya yang ditetapkan itu sesuai mutu yang ditawarkan,” ujarnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s