Jambore Siswa RSBI se Jawa Barat

Pada tanggal 28 Februari – 2 Maret 2011 yang lalu SMAN 1 Cirebon mengirimkan Ibu Dra. Andri W dan empat orang siswa yaitu : Staviera A, Mira Saraswati, Fauhan H dan Stefanus G untuk mengikuti kegiatan jambore siswa R SMA BI se Jawa Barat di Cikole Lembang.

Foto Lengkap di faceebook P Iyan

http://www.facebook.com/album.php?id=1174754683&aid=111439

Kegiatan dan laporan lengkapnya diambil dari milis RSBI sebagai berikut :

sumber : http://groups.yahoo.com/group/smaproject/message/5429

Yth. Rekan-rekan RSBI

Dengan segala kebahagiaan, kami,  panitia pelaksana Jambore RSBI Jawa Barat atas nama Asosiasi RSBI Jawa Barat ingin berbagi informasi mengenai kegiatan tersebut. Dari 41 RSBI RSBI yang ada di Jawa Barat, 31 sekolah  telah melaksanakan Jambore pertama yang berlokasi di kawasan Gunung Tangkuban Perahu, tepatnya di bumi perkemahan Grafika Cikole Lembang pada tanggal 28 Januari s.d. 2 Maret 2011 dengan tema “Together we reach excellence, together we share”. Bertindak sebagai panitia pengarah adalah sebagai berikut:
1. Ketua               Drs. H. Fatah Hidayat, MM (Kepala SMAN 1 Bekasi)
2. Sekretaris       Dra. Hj. Yulia Gantini, M.Pd (Kepala SMAN 1 Subang)
3. Bendahara     Dra. Hj. Zuraida, M.Pd (Kepala SMAN 2 Cibinong)
4. Acara              Dra. Hj. Ati Suginati, M.Pd (Kepala SMAN 1 Karawang)
5. Konsumsi      Dra. Hj. Iis , M.Pd (Kepala SMAN 1

Dalam jambore tersebut, satu sekolah diwakili oleh 4 orang siswa (2 putra dan 2 putri), 1 orang guru pembimbing dan Kepala Sekolah. Sesuai dengan tema yang diusung dalam kegiatan tersebut, maka kebersamaan adalah misi utama kami sehingga dalam pengelompokan tenda, 1 tenda didiami oleh 4 orang siswa berjenis kelamin sama yang berasal dari 4 sekolah berbeda, demikian pula dengan guru pembimbing yang menempati tenda dengan sistem pembagian kelompok yang sama. Namunn kemudian peserta  dibagi pula menjadi kelompok kerja yang berbeda dari kelompok tenda, karena 1 kelompok kerja terdiri dari 5 orang siswa campuran (laki-laki dan perempuan) yang berasal dari 5 sekolah berbeda.

Dalam kegiatan tersebut seluruh peserta benar-benar terlibat aktif dalam berbagai aktivitas yaitu Love Science dan Socialista yang mencoba mengeksplorasi kemampuan peserta dengan cara melakukan eksplorasi terhadap alam sekitar untuk pemanfaatan potensi alam yang ada (misalnya pengembangan potensi tenaga listrik mikrohidro, dll.) dan mencoba untuk mengembangkan potensi yang ada dengan memperhatikan kondisi sosiologsi, geografsi, demografis, ekonomi dan religius. Kegiatan ini mengintegrasikan berbagai mata pelajaran sains, matematika dan sosial. Hasil dari eksplorasi dan pengamatan tersebut kemudian dipresentasikan dalam Bahasa Inggris. Juri yang menilai kegiatan ini adalah para guru pembimbing. Kemudian sesi selanjutnya adalah kegiatan yang bertajuk Art is my Life. Dalam kegiatan ini setiap kelompok kerja diminta untuk mengeksplorasi potensi sekitar dan potensi diri yang ada untuk menghasilkan sebuah pertunjukan seni yang menarik.  Dalam kegiatan tersebut nampak bagaimana setiap kelompok kerja berbagi tugas dan peran untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Hasil dari kegiatan tersebut ternyata sangat luar biasa karena siswa dapat menampilkan kinerja yang sungguh diluar dugaan karena nampak jelas bahwa mereka tidak meninggalkan jati diri mereka sebagai warga negara Indonesia tepatnya orang Jawa Barat karena sisipan kekayaan budaya lokal dapat dengan cerdas mereka integrasikan dalam pertunjukan dalam Bahasa Inggris tersebut.

Kepala sekolah yang hadir dalam jambore tersebut juga melakukan kegiatan produktif lain. Mereka melaksanakan sebuah workshop yang bertujuan untuk peningkatan kualitas sekolah. Drs. Soedjono, M.Si bertindak sebagai fasilitator dalam workshop tersebut.

Dari evaluasi pelaksanaan yang dibagikan kepada seluruh peserta didapat hasil bahwa mereka puas dengan pelaksanaan kegiatan walaupun disana-sini masih terdapat banyak kekurangan. Dan saran dan pesan dari para peserta akan menjadi bahan perbaikan untuk pelaksaanaan Jambore berikutnya yang Insya Alloh akan dilaksanakan da kaki Gunung Ciremai di Kuningan pada bulan September mendatang.

Demikian informasi ini kami sampaikan, mohon maaf jika ada kesalahan.

a.n.  Panitia Pelaksana,

Rika Rachmita Sujatma
Koordinator Program RSBI
SMA Negeri 1 Subang, Jawa Barat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s