Wah, CPNS Tertipu Sebesar Rp 8 Miliar

Sumber : http://regional.kompas.com/read/2010/12/13/21325647/Wah..CPNS.Tertipu.Sebesar.Rp.8.Miliar.-5
Senin, 13 Desember 2010 | 21:32 WIB
 

DHONI SETIAWAN

Ilustrasi

SURABAYA, KOMPAS.com – Satgas pemberantasan mafia hukum (PMH) gadungan nekat menipu ratusan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan meraup keuntungan hingga Rp 8 miliar.

Beruntung aparat Satreskrim Polrestabes Surabaya berhasil menggulung dan meringkus pelakunya. Tiga tersangkanya kini sudah mendekam di balik jeruji besi.

“Kami meringkus mereka setelah cukup lama melakukan penyelidikan dan pengintaian,” ujar Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Coki Manurung kepada wartawan, Senin (13/12/2010).

Ketiga tersangka masing – masing berinisial SR (42), warga Jalan Kebun Nanas Jatinegara Jakarta Timur, NS (52), warga Sukodono Sidoarjo, yang juga PNS Polda Jatim, serta AMD (30), warga Bogor, Jawa Barat yang juga mantan Satpam Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Untuk meyakinkan para korbannya, mereka berbekal lencana Satgas PMH serta atribut lainnya. Para tersangka dijerat pasal 378 dan atau 372 dan atau 263 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama empat tahun.

Kapolrestabes juga menjelaskan, sindikat ini memiliki anggota yang berkeliaran di beberapa kota. Saat ini pihaknya masih memburu seorang DPO berinisial SWR.

Berdasarkan data yang dimiliki kepolisian, para tersangka beraksi di beberapa kota, antara lain Surabaya, Jakarta, Lampung, Sukabumi, hingga Cianjur.

Mantan Direktur Narkoba Polda Jatim itu menerangkan, total korban di Surabaya yakni 47 orang, Lampung 38 orang, Jakarta 202, Sukabumi 19 orang, serta Cianjur empat orang.

Ratusan ini rata-rata diwajibkan membayar uang pelicin antara Rp 40 juta hingga Rp 120 juta. Sehingga total uang yang sudah diraup mencapai Rp 8 miliar.

“Semua uang itu mengalir ke rekening tersangka AMD yang juga otak sindikat,” paparnya.

Sindikat ini sudah beraksi sejak 2009 lalu. Dalam menjalankan aksinya, mereka mengincar orang-orang yang pernah ikut tes CPNS tapi gagal. Hal ini bisa dilakukan karena AMD pernah menjadi PNS di BKN.

ANT

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s