Mendiknas Ingatkan Bahaya Perang Dunia Maya

sumber : http://id.news.yahoo.com/lptn/20100821/tpl-mendiknas-ingatkan-bahaya-perang-dun-e5c0aa3.html

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh mengingatkan ancaman perang dunia maya di masa datang. “Saya hanya minta satu saja, tolong pelajari betul ancaman perang dunia maya atau cyberwar,” katanya di Jakarta, Sabtu (21/8).

Ia mencontohkan, Estonia yang sempat seluruh jaringan komputernya mati sehingga seluruh transaksi dan sistem pemerintahan lumpuh selama tiga hari. “Estonia seolah-olah terisolir dari percaturan dunia karena tidak ada transaksi informasi yang masuk. Perbankan kolaps, komunikasi kolaps,” katanya.

Mendiknas menambahkan, apalagi sistem persenjataan alat utama sistem persenjataan saat ini sudah sangat terbuka dan semua dikendalikan melalui komputer. “Sistem yang terbuka dan komputerize itu kita berpeluang masuk dalam cyber war,” ungkap Muhammad Nuh.

Terkait itu, Muhammad Nuh meminta ancaman perang dunia maya bisa dikaji dan diantisipasi oleh pihak Universitas Pertahanan Indonesia dan alumninya.

Universitas Pertahanan Indonesia yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 11 Maret 2009, merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang khusus mengkaji soal pertahanan dan menyiapkan pemikir bidang strategi pertahanan. UPI hanya membuka dua program studi yaitu Strategi Perang Semesta dan Manajemen Pertahanan.(ANT/JUM)

Iklan

3 thoughts on “Mendiknas Ingatkan Bahaya Perang Dunia Maya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s