Telkom Gelar Try-Out UN Online di 6 Kota

By Muhammad Firman, Muhammad ChandratarunaSenin, 15 Maret
Telkom Gelar Try-Out UN Online di 6 Kota

VIVAnews – Meningkatkan penggunaan sekaligus pemanfaatan fasilitas internet bagi sekolah, khususnya pelajar SMP dan SMA dalam menghadapi Ujian Nasional (UN), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggelar Try Out Ujian Nasional dengan sistem online secara serentak di enam kota pada akhir pekan lalu.

Adapun keenam kota tersebut meliputi Jakarta, Medan, dan beberapa kota yang berada di seluruh wilayah Telkom DCS Barat (Sumatera, DKI Jaya, Banten, dan Jawa Barat).

Kegiatan tersebut diresmikan langsung oleh Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh yang didampingi oleh Direktur Network & Solution (NWS) TELKOM Ermady Dahlan dan Executive General Manager Divisi Counsumer Service Barat (EGM DCS Barat) Mas’ud Khamid, di Gedung Telkom, Jl Gatot Subroto, Jakarta.

“Try-out Ujian Nasional secara online ini bisa menjadi pelatihan bagi siswa untuk meningkatkan kualitasnya. Saya sangat mengapresiasi inisiatif ini karena turut andil dalam mencerdaskan anak bangsa,” kata Nuh dalam sambutannya.

Pada kegiatan yang baru pertama kali diadakan di tanah air itu, sekitar 150 siswa SMA beserta ratusan siswa lainnya terlibat secara off-air serentak di enam kota tersebut. Pada kesempatan ini, para siswa diuji beberapa mata ujian yang masuk dalam Ujian Nasional, termasuk Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta Biologi, Fisika, Kimia (untuk jurusan IPA) dan Ekonomi, Sosiologi dan Geografi (untuk jurusan IPS).

“Ini merupakan komitmen kami dalam menjalankan fungsi sosisal melalui program tanggung jawab sosial korporat (corporate social responsibility-CSR), khususnya dalam dunia pendidikan,” kata Mas’ud di sela sambutannya.

Dijelaskan Mas’ud, pada tahun 2010, kegiatan CSR Telkom di bidang pendidikan, lebih mengarah pada pengayaan konten dan aplikasi. “Di tahun 2007-2008, kita sudah menggelar CSR yang sifatnya Internet awareness, disusul pengadaan sarana pada tahun 2009. Kini, sudah waktunya untuk mengembangkan sarana yang ada dengan aplikasi dan konten, seperti try-out online ini salah satu contohnya,” kata Mas’ud.

Setiap pelajar dapat mengikuti try-out online ini di lokasi-lokasi publik yang terjangkau akses internet Telkom Group, yaitu Telkom Instan (TENI), Speedy, FlexiNet maupun Flash di wilayah Sumatera, DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Selain itu, bisa diakses pula via laboratorium komputer di masing-masing sekolah yang dapat mengakses website yang telah ditetapkan.

Di tahap awal, untuk sementara ini, pelaksanaan try-out hanya dilakukan di wilayah barat, melingkupi Sumatera, Jabodetabek, dan Jawa Barat. “Untuk tahap selanjutnya, diharapkan dapat dilakukan secara nasional dan disiapkan materinya bagi siswa SMP,” ucap Mas’ud.

Iklan

2 thoughts on “Telkom Gelar Try-Out UN Online di 6 Kota

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s