Dana Ujian Nasional Cair H-7

Sabtu, 13 Maret 2010 | 03:32 WIB

SEMARANG, KOMPAS – Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan, sekolah tak perlu mengkhawatirkan dana ujian nasional yang saat ini belum turun. Nuh memastikan bahwa dana ujian nasional untuk setiap kabupaten/kota cair pada tujuh hari sebelum pelaksanaan ujian nasional.

Nuh mengatakan hal tersebut seusai rapat koordinasi UN dengan Kepala Dinas Pendidikan se-Jawa Tengah di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jateng di Kota Semarang, Kamis (11/3).

”Banyak yang bertanya mengenai dana UN. Kalau toh cair sekarang, untuk apa? Dana itu kan belum dibutuhkan karena sekarang masih proses penggandaan soal. Belum distribusi soal sehingga belum ada kebutuhan untuk membayar,” kata Nuh.

Jika waktu pembayaran tiba, yaitu tujuh hari sebelum pelaksanaan UN, kata Nuh, dana UN dari pusat akan segera cair. Dana itu dipastikan sampai di kabupaten/kota di seluruh Indonesia tepat waktu karena anggarannya sudah tersedia.

Lakukan pungutan

Di sejumlah wilayah, sekolah-sekolah sudah melakukan pungutan kepada siswa dengan dalih untuk distribusi soal, biaya pengawas hingga konsumsi pengawas. Di Temanggung, Jawa Tengah, dinas pendidikan setempat menginstruksikan agar sekolah-sekolah menyiapkan dana cadangan jika sampai pelaksanaan UN dana UN belum juga turun. ”Yang penting UN bisa terlaksana dengan baik,” kata Ketua II UN dan UASBN Kabupaten Temanggung Sudiyanto.

Mendiknas memastikan kesiapan pelaksanaan UN di setiap kabupaten/kota berjalan tanpa kecurangan. Jika ada pihak-pihak yang terbukti curang, konsekuensinya, siswa dinyatakan tidak lulus.

”Saya tidak mendorong target kelulusan nasional. Yang akan kami dorong adalah pelaksanaan UN yang jujur. Jika ada sebagian yang tidak lulus, wajar, karena ujian seharusnya memang begitu,” ujar Nuh.

Untuk itu, Mendiknas meminta berbagai pihak turut mengawal jalannya UN, termasuk perguruan tinggi yang akan menjadi pengawas UN. Untuk tingkat SMA/SMK sederajat, UN akan dilaksanakan mulai 22 Maret 2010. (UTI/EGI)

Iklan

2 thoughts on “Dana Ujian Nasional Cair H-7

    • Terima kasih atas komentar nya

      Coba Pak Budi kilas balik berita berita tentang UN agar tidak salah persepsi. OK ?….

      Salam kenal ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s