Uji Coba Ujian Nasional Belum Signifikan Meningkatkan Kemampuan Siswa

Rabu, 3 Maret 2010 | 15:30 WIB

Magelang, Kompas – Banyak siswa SMA dan SMK di Kabupaten Magelang belum memenuhi nilai standar kelulusan ujian nasional. Dalam beberapa kali uji coba UN, siswa yang mendapatkan nilai di bawah 4,0 untuk sejumlah mata pelajaran yang diujikan, pada beberapa kali uji coba berikutnya nilainya relatif tetap.

Wakil Kepala SMA Negeri 1 Salaman M Tohir mengatakan, SMAN 1 Salaman sudah menyelenggarakan lima kali uji coba. Namun, dalam lima kali uji coba tersebut, sekitar 30-40 persen dari 232 siswa meraih nilai di bawah 4,0. Beberapa siswa bahkan mendapatkan nilai 3,0 dan 2,0. Mereka mendapat nilai buruk pada mata pelajaran Fisika dan Kimia untuk jurusan IPA, dan Matematika untuk jurusan IPS.

“Siswa yang meraih nilai bagus dapat mempertahankan prestasinya, sedangkan yang mendapat nilai buruk juga tidak menunjukkan adanya peningkatan,” ujarnya, Selasa (2/3). Dengan mempertimbangkan kondisi tersebut, SMA Negeri 1 Salaman akan menyelenggarakan uji coba sekali lagi, sekitar dua minggu sebelum UN.

Di SMK Muhammadiyah Salaman, uji coba UN sudah dilaksanakan tiga kali. Hasilnya, hanya satu jurusan, yaitu Akuntansi, yang dianggap paling siap UN karena pencapaian nilai semua siswa di atas 4,0. Untuk dua jurusan yang lain, yaitu Multimedia dan Administrasi Pemerintahan, masing-masing masih terdapat 15 persen dari total 298 siswa yang mendapat nilai di bawah 4,0.

Meskipun demikian, Wakil Kepala SMK Muhammadiyah Salaman Aprizal mengatakan, pihaknya tidak akan memberikan tambahan pelajaran khusus bagi 15 persen siswa tersebut untuk mengejar ketertinggalannya. “Agar (siswa) tidak merasa rendah diri dan tetap bersemangat,” ujar Aprizal.

Menurut dia, pihak sekolah tidak akan melaksanakan uji coba UN lagi. Jika terlalu banyak tes, dikhawatirkan siswa justru akan jenuh dan tidak segar saat ujian. (egi)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s