Mendiknas: Buku adalah Guru Kehidupan

Rabu, 24 Februari 2010 | 03:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS – Kompas Gramedia Fair 2010, Selasa (23/2) kemarin, dibuka Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Kegiatan yang berlangsung hingga 28 Februari ini, selain menampilkan aneka produk buku dan jasa yang dihasilkan oleh unit usaha Kompas Gramedia serta lembaga-lembaga lainnya, juga menampilkan beragam acara yang mendidik dan menghibur.

Mohammad Nuh mengatakan, kegairahan membaca harus terus digelorakan di tengah masyarakat pada semua kalangan. ”Buku dan orang bijak adalah guru dalam kehidupan,” kata Nuh.

Buku membuka cakrawala baru serta memperkaya wawasan setiap orang. ”Tamat perguruan tinggi bukan berarti selesai sudah belajar. Masih ada tempat belajar lainnya, yakni membaca buku,” kata Nuh.

CEO Kompas Gramedia Agung Adiprasetyo mengatakan, puluhan tahun bergerak di bidang media massa dan perbukuan, Kompas Gramedia tidak pernah lelah mengampanyekan gerakan minat membaca. Inovasi dan kreasi terus dikembangkan agar masyarakat dapat mengakses buku serta bahan bacaan dengan mudah dan menyenangkan. Salah satunya adalah menyelenggarakan Kompas Gramedia Fair di beberapa kota utama di Tanah Air, salah satunya di Jakarta.

”Kompas Gramedia Fair 2010 juga menjadi rangkaian acara HUT ke-40 Toko Buku Gramedia yang mengangkat tema ’Gerakan Indonesia Membaca’,” ujarnya.

Tema ini sejalan dengan program korporat Kompas Gramedia, Buku untuk Semua, yang memberikan bantuan buku untuk sejumlah perpustakaan dan taman bacaan masyarakat.

Beragam acara

Kompas Gramedia Fair 2010 menyajikan beragam acara untuk sejumlah kalangan. Untuk anak- anak, misalnya, ada lomba paduan suara dan untuk remaja ada Muda Creativity 3rd Anniversary. Ada juga layanan konsultasi naskah dan penerbitan, seminar pendidikan untuk guru dan orang tua, serta diskusi atau bedah buku.

Rabu ini, misalnya, digelar try out akbar (tingkat SD pukul 08.30-12.00 dan SMP pukul 12.00-15.00). Ada pula diskusi buku bersama Damien Dematra, Setya Krisna Sumargo, dan Nasir Abbas.

Pada Kamis ada sembilan jenis acara menarik, antara lain workshop robotic, seminar perpustakaan yang interaktif, seminar, dan demo masak sehat. (NAL)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s