Layanan Pesan Singkat di SMAN 1 Kebumen

Sabtu, 20 Februari 2010 | 15:54 WIB

Kebumen, Kompas – Untuk memberikan informasi yang cepat mengenai seputar manajemen sekolah, SMA Negeri 1 Kebumen meluncurkan layanan pesan singkat bagi orangtua siswa maupun calon orangtua siswa. Layanan ini dihadirkan lewat program “SMS Gateway”.

Layanan pesan singkat yang memberikan informasi seputar manajemen sekolah, mulai dari jumlah kehadiran guru dan murid, hingga nilai siswa untuk setiap mata pelajaran ini diluncurkan pada Kamis (18/2) lalu.

Acara yang dibuka oleh Kepala SMA Negeri 1 Kebumen, Kamid Priyanto, di SMA Negeri 1 Kebumen, Kabupaten Kebumen, dihadiri Bupati Kebumen Nashiruddin Al Mansyur dan Kepala Dinas Pendidikan Kebumen Mahar Mugiyono.

Menurut Kamid, selain membuka akses bagi setiap orangtua murid yang ingin mengetahui manajemen sekolah yang sedang berlangsung, melalui layanan ini orangtua siswa dapat langsung mengetahui perkembangan nilai anaknya langsung dari sekolah.

Dalam program SMS Gateway ini, setiap orangtua siswa akan diberikan kata sandi agar dapat mengakses informasi yang disediakan sekolah. Setidaknya ada 20 kata sandi untuk 20 macam informasi yang dapat diakses.

Langsung dijawab server

Orangtua siswa dapat mengirimkan pesan singkat sesuai kata sandi dan mengirimnya ke nomor 9336. “Server kami akan langsung menjawabnya,” kata Kamid.

Setiap SMS yang dikirim dikenakan tarif Rp 500. Tarif itu untuk membayar penyedia jasa server PT Citra Mandiri Infokom sebesar 60 persen dan 40 persen untuk membayar upah petugas yang memasukkan data ke server.

Untuk program ini, lanjut Kamid, pihak sekolah mengeluarkan biaya lebih dari Rp 140 juta, yakni untuk pengadaan empat unit server dari tujuh server yang seharusnya disediakan.

“Jadi, guru juga memiliki kewajiban untuk memasukkan data nilai siswa setiap hari ke server ini, sehingga orangtua siswa dapat mengakses langsung nilai anaknya setiap saat,” kata Kamid.

Ketua Program SMS Gateway, Wahyudi, mengatakan, dengan program layanan informasi ini dapat meningkatkan transparansi manajemen sekolah sekaligus kualitas manajemen pendidikan di sekolah.

Dengan demikian, setiap orang tua siswa dapat langsung mengetahui informasi seputar sekolah melalui layanan singkat, termasuk mengetahui perkembangan prestasi anaknya. (MDN)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s