Pendidikan Lama Perlu Digali

Senin, 8 Februari 2010 | 11:08 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS – Pola pendidikan masa lalu perlu digali untuk menghasilkan manusia berkarakter dan kreatif. Pola pendidikan itu dinilai mengembangkan jiwa kewirausahaan.

Salah satunya adalah mata pelajaran prakarya. Siswa jenjang SD dan di atasnya bisa membuat prakarya yang bernilai jual.

Pada kesempatan lain, murid-murid di desa dilatih mengerjakan sawah milik perangkat desa. Hasilnya untuk kas sekolah.

Pola pendidikan praktik lapangan kental prinsip kewirausahaan seperti kreatif, inovatif, sekaligus ambil risiko. Konsep pendidikan saat ini cenderung menekankan kepandaian dan kurang mendorong kreativitas.

Menurut penelitian National Association of Colleges and Employers (NACE), pengguna tenaga kerja membutuhkan keterampilan hingga 82 persen dari karyawannya, dan hanya butuh 18 persen kepandaian.

Oleh karena itu, pendidikan kewirausahaan mendesak diterapkan. Apalagi, pengangguran terdidik Indonesia tinggi. Data Badan Pusat Statistik 2007, satu dari sepuluh angkatan kerja berstatus pengangguran.

Tingkat pertumbuhan ekonomi yang 6 persen per tahun hanya menyediakan 1,6 juta lapangan kerja. Lulusan sarjana 300.000 orang lebih per tahun. Oleh karena itu, unsur kewirausahaan perlu dimasukkan dalam perkuliahan.

Namun, berbagai masalah harus dipecahkan dalam penerapan pendidikan kewirausahaan antara lain urgensi, metodologi, kompetensi yang perlu diajarkan, dan alat evaluasi.

Masalah itu akan dibahas pada Diskusi Forum Mangunwijaya V yang diselenggarakan Dinamika Edukasi Dasar kerja sama dengan Harian Kompas pada Selasa (9/2). Hadir dalam diskusi Agus Bastian (Asmi De Santa), Antonius Tanan (Universitas Ciputra Enterpreneurship Center). (*/IRE)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s