Jadwal Diubah, Sekolah Kelabakan

Kamis, 28 Januari 2010 | 02:54 WIB

PALEMBANG, KOMPAS – Perubahan jadwal ujian nasional mata pelajaran Teori Kejuruan membuat siswa dan pengurus sekolah menengah kejuruan di Kota Palembang, Sumatera Selatan, kelabakan. Sekolah bahkan sampai menambah jam pelajaran Teori Kejuruan agar siswa siap menghadapi UN.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMK Negeri 3 Palembang Heri Yulian mengaku kaget dengan perubahan jadwal yang baru diinformasikan Senin lalu. Pada UN 2009, Teori Kejuruan diujikan beberapa hari setelah UN mata pelajaran umum, tapi tahun ini Teori Kejuruan diujikan pada hari keempat. UN SMK berlangsung selama 22-25 Maret 2010.

”Begitu mengetahui perubahan itu, kami mengambil kebijakan menambah jam pelajaran Teori Kejuruan. Setiap hari, siswa yang seharusnya pulang pukul 14.00 terpaksa baru pulang pukul 16.00,” kata Heri, Rabu (27/1).

Secara terpisah, Rian (17), siswa kelas XII SMK Negeri 2 Palembang, mengatakan, perubahan jadwal itu menambah beban belajarnya. Pada awalnya, ia berencana akan fokus pada tiga mata pelajaran umum UN, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika. Namun, kini dirinya juga harus mendalami Teori Kejuruan secara bersamaan.

Kepala Bidang SMP, SMA, dan SMK Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Palembang Riza Pahlevi mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan semua SMK negeri dan swasta di Kota Palembang untuk tenang menghadapi perubahan jadwal UN 2010. Riza juga menekankan sekolah untuk meyakinkan siswa mampu mengerjakan soal Teori Kejuruan dengan baik.

Tahun ini, UN SMK di Kota Palembang diikuti 6.298 siswa yang berasal dari tujuh SMK negeri dan 43 SMK Swasta. (YOP)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s