Jajanan Anak Sekolah Tidak Aman

Rabu, 6 Januari 2010 | 12:43 WIB

SEMARANG, KOMPAS – Jajanan anak-anak yang dijual di sekolah-sekolah sebagian masih tidak aman. Beberapa jenis makanan mengandung bahan berbahaya seperti formalin dan zat pewarna tekstil.

Demikian hasil temuan inspeksi mendadak oleh Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Semarang, Selasa (5/1) di beberapa sekolah di Kota Semarang. Mereka antara lain mengunjungi SD Pedrikan 01, SD Pedrikan 02 dan, SMP-SMA Masehi Poncol.

Petugas BPOM mengambil beberapa sampel makanan seperti mi goreng, kerupuk, tahu, es sirup, gulali, nugget, dan aneka makanan kecil berwarna meriah. Semua penganan itu diuji di tempat untuk memastikan adanya kandungan bahan-bahan berbahaya.

Dari hasil tes, diketahui mi goreng mengandung formalin dan kerupuk berwarna merah-putih mengandung rhodamin. Formalin adalah bahan perekat untuk kayu lapis dan disinfektan untuk peralatan rumah sakit, serta pengawet jenazah. Sementara rhodamin merupakan zat pewarna merah sintetis yang biasanya dipakai dalam industri tekstil dan kertas.

Kepala BPOM Semarang Supriyanto Utomo mengatakan, jajanan yang mengandung bahan-bahan berbahaya tersebut masih banyak ditemukan. Pada tahun 2009, BPOM menginspeksi 36 kantin sekolah di Kota Semarang. Zat berbahaya yang paling banyak ditemui terkandung dalam produk jajanan adalah formalin dan rhodamin.

“Kepada penjual produk berbahaya, kami menegur dan memberi tahu bahwa makanan seperti itu berbahaya. Kami segera menarik makanan dengan kandungan positif bahan berbahaya dari peredaran dan penjual diminta untuk membuat surat pernyataan untuk tidak menjual produk itu lagi,” kata Supriyanto.

Kepala Sekolah SD Pedrikan 02 Retnowati Ambawani mengatakan, sulit bagi sekolah untuk mengontrol jajanan yang dijual di kantin. Apalagi, ada makanan di kantin yang merupakan barang titipan dari orangtua murid.

“Sekarang kami mengerti bagaimana membedakan makanan mana yang mengandung bahan berbahaya atau tidak. Kelak, kami akan lebih ketat untuk mengontrol jajanan,” kata Retnowati. (UTI)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s