Taman Pintar Jadi Magnet Baru

Senin, 4 Januari 2010 | 14:06 WIB

Yogyakarta, Kompas – Libur panjang Tahun Baru 2010 membuat kunjungan ke Taman Pintar Yogyakarta meningkat tajam. Rombongan pengunjung tak hanya dari wilayah DIY dan sekitarnya, tetapi juga dari sejumlah kota di Jawa dan luar Jawa. Taman Pintar kini telah menjadi daya tarik baru bagi wisatawan.

Lonjakan pengunjung sangat terasa pada 1 Januari dengan pengunjung menembus angka 10.000 orang. Tingkat kunjungan juga tetap tinggi pada Sabtu dan Minggu dengan jumlah pengunjung di atas 6.000 orang. Angka tersebut melonjak tajam dari rata-rata jumlah pengunjung per hari yang mencapai 3.000 orang.

Kepala Seksi Humas dan Pemasaran Taman Pintar Yogyakarta Ernie Februaria, Minggu (3/1), mengatakan, jumlah pengunjung Taman Pintar memang selalu melonjak saat libur sekolah maupun libur akhir pekan. Selain anak-anak maupun rombongan pelajar, pihaknya juga menerima kunjungan rombongan mahasiswa baik dari wilayah DIY maupun luar daerah.

“Taman Pintar ini sudah menjadi magnet bagi pengunjung sehingga mahasiswa pun tertarik untuk datang dan menanyakan pengelolaannya pada kami,” katanya.

Menurut dia, melonjaknya jumlah pengunjung tak lepas dari upaya pengelola mempromosikan Taman Pintar ke sekolah-sekolah. Jika sebelumnya Taman Pintar dianggap tempat bermain anak-anak, promosi tersebut berhasil mengubah pandangan masyarakat bahwa Taman Pintar merupakan tempat belajar bagi siapa saja.

Dengan jumlah kunjungan yang tinggi, lanjut Ernie, target jumlah pengunjung Taman Pintar tahun 2009 mencapai satu juta orang tercapai. Target pemasukan bahkan sudah tercapai sejak September 2009. “Targat jumlah pengunjung itu pun dihitung dari yang membayar tiket. Padahal, ada banyak pengunjung yang tidak membayar tiket karena ada dispensasi, misalnya anak-anak dari panti asuhan, peneliti, dan sebagainya,” tuturnya.

Dian (30), pengunjung dari Wonosari, Gunung Kidul, mengaku sengaja merayakan libur tahun baru bersama anaknya di Taman Pintar. Meski suasana Taman Pintar sangat ramai, ia mengaku bisa menikmati aneka wahana belajar dan bermain yang ada di Taman Pintar. “Sebenarnya anak yang senang ke sini. Saya hanya mengantar,” ujarnya.

Sampai akhir libur sekolah semester ini, Taman Pintar diperkirakan tetap ramai. Taman Pintar telah menjadi alterantif untuk menikmati Yogyakarta. (ARA)

Iklan

One thought on “Taman Pintar Jadi Magnet Baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s