UN 2010 Diperketat

Rabu, 23 Desember 2009 | 16:50 WIB

Surabaya, Kompas – Untuk mendapatkan hasil ujian nasional yang lebih kredibel, pelaksanaan ujian nasional untuk siswa sekolah menengah dan ujian akhir sekolah berstandar nasional diperketat. Pemantauan pelaksanaan ujian melibatkan personel dari perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Ketua pelaksana pengawas ujian nasional (UN) dan tim pemantau independen (TPI) UN 2010 di Jatim Syafsir Akhlus menegaskan, perguruan tinggi negeri dilibatkan untuk memantau pelaksanaan UN di tingkat SMA dan MA mulai penggandaan dan distribusi soal, pengawasan, pemindaian, hingga evaluasi. Perguruan tinggi swasta memantau UN di tingkat SMP dan SMK, serta UASBN siswa SD.

“Pelaksanaan UN di setiap sekolah juga diawasi dua pemantau dari perguruan tinggi. Kalau dulu, satu sekolah, satu pemantau, bahkan ada sekolah yang tidak terpantau,” kata anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Furqon, seusai sosialisasi prosedur operasional standar (POS) UN dan UASBN 2010 kepada jajaran dinas pendidikan kabupaten/kota di Jawa Timur, Selasa (22/12) di Surabaya.

Guru pengawas yang bertugas menjaga pelaksanaan UN juga diacak secara penuh. Tahun lalu guru hanya diacak silang dalam satu rayon sehingga dikhawatirkan terjadi kolusi.

Tahun ini pemantau juga dapat mengambil tindakan bila ada yang tidak sesuai POS dalam pelaksanaan UN. Tahun lalu saat siswa di sebuah sekolah diketahui membawa telepon seluler ke dalam ruang ujian sehingga memungkinkan jawaban dikirim melalui pesan singkat pemantau tidak bisa mengintervensi.

Bila pada pemindaian lembar jawab disinyalir kecurangan, kata Akhlus, tim pengawas bisa langsung melacak bersama kepolisian dengan koordinasi BSNP. Selain itu, para siswa dan guru semestinya tidak memercayai kunci jawaban yang mungkin saja beredar. Kenyataannya, tahun 2009 kunci jawaban palsu disinyalir menyebabkan semua lembar jawab siswa berisi persis sama. (INA)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s