SMK Baru Sebatas Kuantitas

Rabu, 16 Desember 2009 | 11:49 WIB

Semarang, Kompas – Pemerintah memberikan keleluasaan dalam pengembangan sekolah menengah kejuruan atau SMK. Namun, saat ini belum ada peningkatan mutu pendidikan SMK dan pemetaan mobilisasi lulusan SMK. Kebijakan pemerintah ini justru ditanggapi dengan euforia, yaitu munculnya SMK-SMK baru.

Padahal apabila tidak ada peningkatan kualitas SMK, industri akan kesulitan menyerap lulusan SMK yang jumlahnya cukup besar.

Hal itu disampaikan Samsudi dalam pidato pengukuhan sebagai Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang, Selasa (15/12), di Semarang. Pidato pengukuhan Samsudi berjudul “Mengembangkan Kompetensi, Membangun Citra SMK”.

Samsudi mengatakan, “Banyak pengelola yang mengutamakan sekolah itu berdiri tanpa memerhatikan bagaimana mengelola sumber daya manusia dan mutu pendidikan di dalamnya.”

Riset Samsudi, sebanyak 47,06 persen pengelola SMK di Jawa Tengah memprioritaskan pembangunan fisik sekolah. Sementara data Departemen Pendidikan Nasional yang dikutip Samsudi menunjukkan bahwa lulusan SMK menjadi penyumbang pengangguran terbuka terbesar di DKI Jakarta selama 2009. Lulusan SMK yang menganggur sekitar 170.000 orang dan pengangguran lulusan SMA sekitar 130.000 orang.

Menurut Samsudi, mutu pendidikan SMK masih buruk. Pemerintah harus segera menyelenggarakan pusat-pusat keunggulan keahlian untuk memetakan lulusan SMK. Banyak perusahaan yang lebih senang merekrut lulusan SMA karena dianggap lebih kreatif.

Lulusan SMK dapat bekerja dengan baik selama 1-3 tahun, tetapi pada tahun keempat kualitas kerjanya menurun. Kinerja lulusan SMA justru lemah pada dua tahun pertama, tetapi membaik setelah tahun ketiga bekerja.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Jateng, Kartono, mengatakan, prosedur izin pembangunan SMA dan SMK sama saja. Pemerintah hanya memberikan peluang akses masuk ke SMK sehingga lulusan SMK bertambah. “Lulusan SMK tidak hanya dididik mencari pekerjaan, tapi juga dibekali kemandirian,” kata Kartono. (den)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s