Komputer Murah Sasar Sekolah

Jumat, 11 Desember 2009 | 15:55 WIB

Yogyakarta, Kompas – Sekolah menjadi sasaran pemasaran produk baru perusahaan peranti lunak Microsoft bernama Windows Multipoint Server 2010. Teknologi ini membuat satu komputer bisa digunakan lima pengguna sekaligus. Teknologi komputer ini hasil kerja sama Microsoft Indonesia dengan Hewlett-Packard Development (HP) Indonesia. Untuk melengkapi teknologi ini, HP meluncurkan produk Multiseat Computing, yaitu satu server komputer yang bisa digunakan oleh lima layar sekaligus.

Megawati dari HP Indonesia menyatakan, produk ini lebih hemat listrik hingga 70 persen dari komputer biasa. Harganya pun lebih murah hingga 50 persen daripada harga komputer personal. “Tapi, kami hanya menjual satu set sekaligus yang terdiri dari satu server, lima layar, dan lima thin client,” tuturnya di SMP Negeri 5 Yogyakarta, Kamis (10/12).

Menurut Megawati, harga bisa ditekan karena spesifikasi komputer lebih rendah dari komputer di kantor. Spesifikasi disesuaikan kebutuhan sekolah.

Teknologi ini sengaja diciptakan untuk menjawab tingginya kebutuhan sekolah atas komputer berharga murah. Kebutuhan itu meningkat untuk sekolah yang tengah dalam rintisan sekolah berstandar internasional (SBI). Pelatihan guru

Melengkapi peluncuran produk ini, rangkaian pelatihan diselenggarakan untuk para guru. Salah satu sesi pelatihan untuk mengajari para guru membuat materi pembelajaran dan bahan ajar. Pelatihan dilakukan karena peranti lunak yang tersedia di komputer tidak dilengkapi materi pembelajaran. Guru harus berkreasi dan mengembangkannya sendiri.

Guru SMP Negeri 5 Yogyakarta, Eddy Thomas Suharta, mengatakan, salah satu syarat menjadi SBI adalah satu kelas harus mempunyai komputer sebanyak jumlah murid. “Kalau harus dipenuhi dengan komputer personal biasa, biaya yang diperlukan akan menjadi sangat mahal. Di tempat kami saja ada 30 kelas saat ini, dengan jumlah murid sekitar 28 orang per kelas,” ujarnya. (IRE)

Iklan

One thought on “Komputer Murah Sasar Sekolah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s