Kalla Tak Setuju Penghapusan UN

Jumat, 11 Desember 2009 | 14:41 WIB

Sleman, Kompas – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan ketidaksetujuannya terkait putusan Mahkamah Agung yang menghapuskan pelaksanaan ujian nasional. Hal itu dinilainya akan membodohkan jutaan anak Indonesia.

Ia mengemukakan hal itu saat memberikan kuliah umum dalam pembukaan Musyawarah Nasional Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BK-PTIS) di Kampus Universitas Islam Indonesia, Kamis (10/12).

“Orang bisa menjadi pintar itu karena belajar. Kenapa belajar karena akan diujikan. Kalau tidak ada ujian dan semua bisa lulus, untuk apa belajar?” kata Kalla, yang juga menjabat Ketua Dewan Penasehat BK-PTIS.

Ujian nasional (UN), lanjut Kalla, merupakan sarana untuk membuat semua siswa di Indonesia sama pintarnya karena memakai satu standar. “Siswa di Kendari, Ternate, maupun di mana saja di seluruh pelosok negeri di-set agar pengetahuannya sama dengan siswa di Jakarta maupun kota besar lainnya,” ujarnya. Kemunduran

Penghapusan UN, menurut mantan Ketua Umum Partai Golkar ini, juga dinilai sebagai kemunduran. Pasalnya, saat ini, negara-negara maju seperti Amerika Serikat, yang sebelumnya tidak menggelar UN, sekarang sudah mulai menerapkan UN. “Mungkin mereka sekarang sadar, tanpa ujian nasional, siswa akan santai-santai saja belajarnya,” katanya.

Meskipun demikian, Kalla tak menampik dampak negatif ujian yang membebani pikiran siswa hingga menimbulkan stres. “Mungkin akan ada yang stres karena UN, tapi lebih baik beberapa yang stres daripada membuat jutaan anak menjadi bodoh,” tuturnya.

UN menjadi polemik sejak lama karena dinilai banyak kalangan meredusir kepintaran dan keberhasilan siswa menempuh pendidikan hanya pada satu tes. UN juga dinilai mengabaikan kondisi belum meratanya infrastruktur pendidikan, fisik maupun nonfisik, di seluruh wilayah Indonesia.

Terakhir, Menteri Pendidikan Nasional M Nuh menyatakan tetap akan melaksanakan UN pada 2010. Hanya saja ujian tidak digelar satu kali, tetapi akan ada ujian susulan bagi siswa yang gagal saat ujian pertama. (ENG)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s