Persiapkan Komputerisasi Perpustakaan Sekolah

CIREBON – Berkeras masuk urutan papan tengah daftar SMA di Kota Cirebon, sekolah yang satu ini terus berbenah. Kepala SMAN 8, Drs Totong M Nanggadisastra MM menyampaikan, kini sekolahnya tengah bersiap menggunakan sistem komputerisasi pada perpustakaan.

”Sekarang sedang diproses teknisnya. Buku-buku yang ada di perpustakaan kembali didaftar secara elektronik,” kata dia, Kamis (3/12).
Selain pendataan buku yang dilakukan secara elektronik, kartu anggota perpustakaan pun akan dibuat serupa. Sehingga, saat siswa akan meminjam, maka petugas cukup men-scan barcode yang tertera pada buku kemudian menggesekkan kartu anggota perpustakaan siswanya.
”Lebih praktis. Data-data buku jadi lebih terkelola dengan baik. Siswa pun jadi lebih praktis saat akan meminjam buku,” ucapnya kepada koran ini saat ditemui di ruang kerjanya didampingi Wakasek Humas H Ahmad Tajiri SPd.
Menurutnya, semua ini dilakukan tidak lain sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan kenyamanan menuntut ilmu bagi siswa di sekolah. Terlebih kualitas perpustakaan yang terkelola dengan baik, menjadi poin paling penting bagi SMAN 9 yang kini telah masuk kategori rintisan sekolah nasional (RSN).
”Ini semua kami lakukan mendukung kenyamanan siswa dalam belajar,” ucapnya.
Peningkatan kualitas sarana prasarana lain yang baru saja dilakukan SMAN 9 adalah penataan lingkungan dan taman sekolah. Bekerjasama dengan Bank Mandiri, telah dibuat taman untuk semakin menghijaukan lingkungan. Sebelumnya pemasangan CCTV sekolah di sejumlah titik telah dilakukan. ”Dalam waktu dekat, kami pun akan menandatangani MoU dengan Bank Indonesia, tunggu saja kabarnya,” pungkasnya. (hen)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s