Kantin Kejujuran SMAN 1 Diresmikan Wali Kota

Rabu, 09 Desember 2009 , 18:28:00

CIREBON, (PRLM).- Peringatan hari anti korupsi di Kota Cirebon ditandai dengan peresmian kantin kejujuran di SMAN 1 Kota Cirebon oleh Wali Kota Cirebon Subardi dan Ketua Karang Taruna Nasional Dody Sutanto, Rabu (9/12). Wali Kota Cirebon Subardi berharap kantin kejujuran tersebut bisa menjadi salah satu upaya untuk mendidik generasi muda terutama warga SMAN 1 Kota Cirebon, untuk bersikap jujur, kesatria dan sportif.

“Bersikap jujur itu mudah, murah dan berkah. Kalau kita mau bersikap jujur, tidak akan ada orang yang susah. Karena kalau kita terbiasa jujur, pasti tidak bakal bisa tidur kalau telah melakukan ketidakjujuran,” katanya.

Menurut Dody Sutanto, kantin kejujuran yang ada di SMAN 1 Kota Cirebon merupakan kantin kejujuran yang ke 10.000 yang ada di seluruh Indonesia, atau ke 10 yang ada di Kota Cirebon. “Kalau di daerah lain, kantin kejujuran atau kantin kasih sayang atau apa pun namanya bukan hanya ada di sekolah-sekolah, tetapi juga institusi pemerintah lain. Namun di Kota Cirebon dari sebanyak 10 kantin kejujuran, semuanya ada di sekolah baik tingkat SMP maupun SMA. Mudah-mudahan berikutnya nanti ada juga di institusi lainnya,” kata Dody yang juga penggagas kantin kejujuran seusai peresmian.

Dikatakan dia, kantin kejujuran merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mendidik bangsa Indonesia untuk selalu jujur kepada diri sendiri maupun orang lain. “Kantin kejujuran juga untuk menujukkan bahwa bangsa kita bukan bangsa yang suka mencuri, serakah dan ingin memiliki sesuatu yang bukan haknya. Kantin kejujuran pertama kali digagas dan diwujudkan di SMAN 7 Jambi pada 24 November 2005 lalu,” katanya. (A-92/A-50)***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s