Guru Dipersiapkan Menjadi Pelatih

Selasa, 8 Desember 2009 | 03:28 WIB

Jakarta, Kompas – Munculnya sikap kewirausahaan bisa karena faktor keturunan, lingkungan, atau pelatihan. Namun, yang paling efektif untuk membangun kewirausahaan saat ini adalah melalui pelatihan dan pendidikan.

”Untuk itu, guru harus dipersiapkan sejak awal untuk melatih anak didiknya belajar kewirausahaan,” kata Ciputra, pendiri Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC) dalam acara video conference dengan para dosen Universitas Negeri Yogyakarta di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Ciputra, bangsa ini memang membutuhkan banyak wirausaha dalam bidang bisnis yang berkontribusi dalam penciptaan lapangan kerja. Kewirausahaan juga dibutuhkan bangsa ini dalam bidang pemerintahan, akademik atau pendidikan, dan sosial.

Antonius Tanan, Presiden UCEC, mengatakan, ada tiga peluang yang bisa dilakukan guru untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan di sekolah. Pertama, guru merancang kegiatan untuk menempa siswa-siswanya belajar kewirausahaan. Bisa juga dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler kewirausahaan atau mengintegrasikan kewirausahaan dalam pembelajaran yang berlangsung di sekolah.

Keinginan untuk menciptakan pendidik yang memahami dan menerapkan kewirausahaan mulai tumbuh di kalangan para dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). ”Kami sudah menyiapkan kurikulum kewirausahaan yang nantinya wajib diikuti semua mahasiswa UNY. Pendidikan ini mulai diterapkan tahun depan,” kata Nurfina Aznam, Pembantu Rektor I UNY. (ELN)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s