Guru SD Dituntut Profesional Tahun 2014

Selasa, 24 November 2009 | 11:35 WIB

Wates, Kompas – Tahun 2014, semua guru sekolah dasar di Indonesia dituntut profesional. Hanya sarjana ilmu pendidikan SD yang telah menjalani Pendidikan Profesi Guru saja yang bisa melamar sebagai guru.

“Aturan pemerintah jelas menegaskan, guru atau pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sesuai karena bertindak sebagai agen pembelajaran,” ujar guru besar Universitas Negeri Yogyakarta Zamroni, dalam Seminar Nasional Telaah Kritis Pendidikan Profesi, Minggu (22/11) di Gedung Kaca, Wates, Kulon Progo.

Zamroni menegaskan, banyak guru SD belum profesional. Mereka tidak menguasai empat kompetensi dasar sebagai guru: kompetensi pedagogi, kepribadian, sosial, dan profesi. Mayoritas guru SD juga bukan sarjana ilmu pendidikan, melainkan ilmu murni.

“Kurang profesionalnya guru akan berdampak terhadap penurunan kualitas kegiatan belajar-mengajar di sekolah,” ujarnya.

Karena itu, melalui Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pemerintah akan memperbaiki kualitas guru dengan mewajibkan calon guru menempuh Pendidikan Profesi Guru. Untuk calon guru SD, pendidikan itu ditempuh setahun.

Bagi yang telanjur menjadi guru harus memperoleh sertifikat keahlian sebagai bukti. Dengan Pendidikan Profesi Guru tahun 2009, Akta IV tidak berlaku lagi. Pendidikan Akta IV tidak terkontrol karena tidak ada standar.

Praktisi pendidikan, Halili, menambahkan, pendidikan profesi akan memperkecil persaingan antara sarjana ilmu pendidikan dan sarjana ilmu murni dalam melamar kerja sebagai guru. Pendidikan Profesi Guru SD hanya boleh diikuti sarjana ilmu pendidikan SD. (YOP)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s