Jumlah Penganggur Terdidik Mencemaskan (Pendidikan Kewirausahaan)

Jumat, 20 November 2009 | 03:18 WIB

Jakarta, Kompas – Jumlah penganggur terdidik, khususnya lulusan perguruan tinggi, sudah sangat mencemaskan karena angkanya terus meningkat. Untuk mengatasi persoalan ini, pendidikan kewirausahaan sejak dini bisa menjadi solusi dan terbukti ampuh di banyak negara.

Pengusaha terkemuka Ciputra mengatakan hal itu di Jakarta, Kamis (19/11), dalam rapat koordinasi nasional pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta.

Jika tahun 2005 jumlah sarjana yang menganggur sebanyak 323.902 orang, pertengahan Februari 2007 sudah mencapai 1,4 juta orang dan kini dipastikan lebih banyak lagi.

Ciputra mengatakan, Universitas Ciputra bekerja sama dengan Kauffman Foundation di Amerika Serikat terus mendorong dosen perguruan tinggi untuk meningkatkan kompetensi di bidang kewirausahaan.

Secara terpisah, saat berkunjung ke harian Kompas, Michael Levin, penasihat senior Kauffman Foundation, mengatakan, pendidikan kewirausahaan (entrepreneurship) terus berkembang dan semakin diminati banyak negara. Setidaknya 86 negara sudah menerapkan pendidikan kewirausahaan dengan berbagai pola.

Antonius Tanan, Presiden Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC), mengatakan, pendidikan dan pelatihan kewirausahaan yang mulai dikembangkan di Indonesia diharapkan bisa memberi efek yang dirasakan masyarakat hingga akar rumput. (ELN/OSA)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s