Mahasiswa Jalur Prestasi Lebih Stabil

Rabu, 18 November 2009 | 03:36 WIB

Jakarta, Kompas – Mahasiswa yang direkrut perguruan tinggi melalui jalur prestasi atau mempertimbangkan rapor selama di SMA ternyata prestasinya lebih stabil. Oleh karena itu, sejumlah perguruan tinggi negeri mempertahankan penerimaan mahasiswa melalui jalur ini.

Demikian diungkapkan sejumlah pimpinan perguruan tinggi negeri, Selasa (17/11). Di Institut Pertanian Bogor (IPB), misalnya, karena perguruan tinggi puas dengan prestasi mereka, porsi calon mahasiswa yang masuk melalui jalur prestasi dipertahankan 70 persen dari kapasitas yang ada. Jalur ini di IPB diberi nama Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI).

”Talent scouting calon mahasiswa melalui jalur ini lebih bisa dipercaya,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB Yonny Koesmaryono.

Menurut Yonny, dari studi kajian penerimaan mahasiswa di IPB, prestasi mahasiswa yang masuk lewat jalur USMI masih yang terbaik. Kondisi itu menunjukkan bahwa prestasi selama di SMA memang benar-benar mewakili kemampuan belajar mahasiswa.

Untuk tahun ini, IPB sudah menyebarkan undangan ke 1.700 SMA di berbagai wilayah di Indonesia. Selain untuk menjaring ”mutiara-mutiara” di daerah, jalur ini juga sebagai pemerataan bagi anak bangsa yang berprestasi di mana pun untuk bisa menikmati kuliah di IPB.

Lebih memuaskan

Haris Supratno, Rektor Universitas Negeri Surabaya, mengatakan, prestasi mahasiswa yang masuk melalui jalur prestasi lebih memuaskan jika dibandingkan dengan mahasiswa yang masuk melalui jalur lain, termasuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Direktur Administrasi Akademik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan, prestasi akademik mahasiswa dari jalur penelusuran bibit unggul (PBU) berada di peringkat kedua setelah mahasiswa yang diterima lewat ujian masuk yang diselenggarakan UGM sendiri.

”Namun, kalau dibandingkan dengan mahasiswa SNMPTN, indeks prestasi mereka lebih stabil dan lebih tinggi. Selain itu, mereka juga lebih aktif mengikuti berbagai kompetisi,” tuturnya.

Menurut Budi, setiap tahun UGM menerima 1.950 orang atau 30 persen dari 6.500 mahasiswa baru lewat jalur PBU.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Rochmat Wahab mengatakan, jalur PBU juga dimaksudkan untuk pemerataan kesempatan pendidikan bagi pelajar di daerah. (ELN/IRE)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s