Penting, Manajeman Sekolah yang Baik

Friday, 04 September 2009 SUBANG- Manajemen sekolah pada umumnya belum mampu dilaksanakan secara maksimal oleh setiap sekolah. Sebab akan berkaitan, dengan tingginya biaya manajemen dan sulitnya mengubah budaya kerja. Padahal, mengabaikan manajemen akan mengakibatkan menurunnya kepercayaan publik terhadap sekolah.
Di antaranya dapat terlihat dari menurunnya jumlah siswa, yang akan masuk ke sekolah tersebut dan sulitnya siswa mencari pekerjaan setelah lulus.  Menurut Wakil Kepala Bidang Manajemen SMKN 2 Subang, Iim Gunawan STp, untuk mengantisipasi hal tersebut, SMKN 2 Subang telah berusaha meningkatkan manajemen mutu sekolah. “Hasilnya kami sudah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 dan ISO 14001:2004. Sebagai bentuk pengakuan terhadap manajemen mutu sekolah dan pengelolaan lingkungan,” ungkapnya saat ditemui di kantornya, Rabu (2/9).
Dikatakan, banyak sekolah yang mengabaikan masalah manajemen. Padahal akan bermanfaat bagi siswa yang diluluskan dari sekolah. “Sebagai contoh, sebelum mendapatkan ISO 9001:2008 dan ISO 14001:2004, dalam kurun waktu 3 bulan setelah kelulusan, siswa kami sudah dapat diserap oleh dunia industri sebagai tenaga kerja. Padahal sebelumnya, siswa akan dapat terserap oleh industri setelah 6 bulan,” tandasnya.
Lebih jauh Iim menjelaskan, untuk mengantisipasi kebutuhan dana sertifikasi manajemen mutu, pihak sekolah dapat mengajukan ke pemerintah pusat. (man)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s