Duh, Daftar Sekolah Negeri untuk “Ngetes” Anak!

Senin, 6 Juli 2009 | 16:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengumuman banyak bangku kosong di media massa amat disayangkan lantaran ada orangtua yang ingin “ngetes” kehebatan anaknya dengan ikut mendaftar di sekolah negeri. Padahal, si anak sudah mereka masukkan ke sekolah swasta.

“Yang saya baca di koran begitu bahwa di sekian sekolah negeri ada banyak bangku kosong karena tidak ada peminat. Mungkin, memang banyak yang sudah diterima di sekolah swasta,” Dadi Ardianjaya, panitia penerimaan siswa baru di SMPN 19.

“Sebetulnya sayang karena mereka sudah bayar, di sini pun mereka cuma ngetes ukuran anaknya saja,” tambah Dadi.

Menurutnya, orangtua siswa yang meminati sekolah-sekolah swasta masih tinggi, khususnya untuk sekolah swasta yang memang berkualitas bagus.

“Ada sih beberapa yang saya tahu, mereka sudah dapat sekolah di swasta, tetapi tetap mau mencoba di sini sekadar kepengin tahu kemampuan anaknya bisa masuk atau tidak di sekolah ini,” ujar Dadi.

Menguatkan pernyataan Dadi, Endah Trisnawati pun berkata demikian.

“Ada teman-teman anak saya yang masuk tetapi tidak diambil, mereka daftar cuma untuk ngetes,” ujar Endah, orangtua siswa baru di salah satu SMP negeri favorit.

Bahkan, lanjut Endah, ada juga orangtua murid yang sengaja melaminating hasil pengumuman anaknya yang lulus di sekolah tersebut. Tak hanya itu, hasil laminating itu pun dipajangnya di rumah.

“Jadi, keinginan ikut mendaftar di sekolah negeri itu memang hanya ngetes,” tambah Endah.

Pengungkapan Endah pun diamini oleh Dadi. “Memang, belum tentu semua murid baru yang diterima di sini mendaftar ulang,” ujar Dadi. (M2-09)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s