Target Kelulusan UN Hanya 90 Persen

131156pSOLO, KOMPAS.com — Sekolah tidak berani menargetkan kelulusan 100 persen mengingat dinaikkannya standar nilai kelulusan, seperti SMA Negeri 4 Solo yang menargetkan kelulusan 97 persen. Tahun lalu angka kelulusan 99 persen.

“Standar kelulusan sekarang bukan nilai yang mudah dicapai. Namun guru dan siswa sudah berupaya keras untuk kelulusan siswa,” kata Kepala SMAN 4 Solo Edy Pudiyanto, Senin (20/4).

Kepala SMK Negeri 5 Solo sekaligus Pelaksana tugas Kepala SMK Negeri 2 Solo Susanta juga mengungkapkan, pihaknya menargetkan kelulusan di atas 90 persen. “Harapan kami setidaknya bisa mencapai 97-98 persen lulus,” kata Susanta.

Di SMAN 4 seluruh peserta ujian nasional (UN) hadir, begitu pula di SMKN 5 Solo. Hanya di SMKN 2 seorang siswa tidak hadir karena sakit. Siswa jurusan IPS SMAN 4, Fenty Fairunisa (18), mengaku sempat kebingungan saat mengerjakan soal Bahasa Indonesia. “Pilihan jawabannya mirip-mirip, seperti menjebak,” katanya.

Siswa lainnya, Sofi Mutiara mengaku sempat tegang mengerjakan soal Bahasa Indonesia. Ia teringat standar kelulusan yang cukup tinggi. Ia berniat mengikuti semacam materi tambahan Bahasa Inggris agar persiapannya semakin matang.

Menurut Edy Pudiyanto, selain memberikan materi tambahan pada siswa yang menginginkan, guru-guru juga mengirimkan pesan pendek membangunkan siswa untuk membaca ringan materi pelajaran dan agar tidak terlambat sampai ke sekolah.

Di SMA Muhammadiyah 6 yang menjadi sekolah inklusi, ada tiga siswa difabel yang mengikuti UN. Dua siswa menggunakan kursi roda, satu menulis dengan kaki. Menurut Kepala SMA Muhammadiyah 6 Siti Romlah, siswa difabel mendapat materi tambahan untuk menyamai kecepatan belajar siswa lainnya.

Sekretaris Tim Pemantau Independen Kota Solo Suwarto mengungkapkan, pihaknya tidak menemukan adanya kecurangan dalam pemantauan di SMK-SMK. Ada seorang siswa yang kedapatan membawa ponsel, tetapi bisa langsung diamankan sebelum ujian berlangsung.

Edy menilai, pelaksanaan UN tahun ini lebih baik dan lancar dibandingkan tahun lalu dengan kualitas kertas, cetakan, dan sampul pembungkus yang buruk. “Peserta juga makin taat, tidak ada yang membawa HP,” katanya.

Iklan

One thought on “Target Kelulusan UN Hanya 90 Persen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s